Rabu, 04 Mei 2011

Jerawat




Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.
Jerawat tidak melulu muncul karena kotor,  melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.
 
Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon endrogen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sebum yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.
Selain itu biasanya  terdapat bakteri  di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah disekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkanjerawat batu, jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.
Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.
sumber : wikipedia


5 komentar:

  1. jerawat memang jadi momok khususnya buat para remaja wanita. orang yang jarang mencuci wajahnya rentan sekali dengan munculnya jerawat ini. untuk wajah berminyak apakah lebih rentan terjadi jerawat? lalu satu lagi, apakah berbahaya dan lebih rentan terjadi jerawat ketika wajah berkeringat lalu di basahi dengan sabun? tolong dijelaskan ya.... terima kasih.

    BalasHapus
  2. wajah berminyak memang rentan terjadi jerawat karena kotoran dan sel kulit mati mudah menempel pada kulit sehingga potensi tersumbatnya saluran kelenjar minyak lebih besar, penyumbatan inilah yang menjadi salah satu penyebab jerawat..
    untuk pertanyaan yang satunya saya tidak begitu tahu..hehe

    BalasHapus
  3. Saya maU tanyA bagaimna perbedaan, antara sabun padat dengan sabun cair, untuk jerawat?
    mana yang lebih cepat,mengobati jerawat?

    BalasHapus
  4. bedanya ya bentuk fisiknya..hehe
    untuk lebih ampuhnya ya bergantung jenis kulit, jenis jerawat dan kandungan dalam sabunnya..
    bisa saja untuk satu orang sabun jenis tertentu lebih ampuh tapi belum tentu untuk orang lain..

    BalasHapus
  5. tolong jelaskan bagaimana cara mengatasi jerawat yang disertai nanah dan darah? itu dinamakan jerawat atau infeksi?

    BalasHapus