Kamis, 05 Mei 2011

Manfaat susu kedelai

Susu kedelai adalah minuman yang terbuat dari kacang kedelai. Sejak zaman dahulu kacang kedelai dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki tingkat protein nabati sangat tinggi. Tidak hanya itu, kacang kedelai terutama yang sudah diolah menjadi susu kedelai ternyata memiliki kandungan gizi yang tidak kalah, bahkan memikili kandungan yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan susu sapi biasa.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa pakar gizi, susu kedelai sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai pengganti susu formula untuk bayi di atas 4 bulan karena terbukti lebih aman dari bakteri jahat yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada bayi.


Nilai nutrisi yang terkandung dalam susu kedelai antara lain :
1. 38% Protein nabati (protein kedelai)
2. 18% Lemak tak jenuh
3. 15% Serat
4. 15% Karbohidrat
5. Mineral lainnya seperti :
- Kalsium yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
- Isoflavon yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kanker
- Lecithin membantu meningkatkan daya ingat dan mencegh terjadinya penyakit Alzheimer's
6. Vitamin seperti Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin B

Perbandingan Susu Sapi dan Susu Kedelai 

Nah, dari gambar di atas bisa kita lihat, ternyata susu kedelai memiliki manfaat yang luar biasa, bahkan bila dilihat dari nilai nutrisinya, susu kedelai memiliki manfaat yang lebih baik untuk kesehatan daripada susu sapi biasa.

sumber : http://www.squidoo.com/manfaat-susu-kedelai

4 komentar:

  1. kalau susu kedelai memiliki kandungan yang lebih baik dari susu sapi, tapi mengapa sampai saat ini harga susu sapi tetap lebih mahal dari susu kedelai y?apa mungkin masyarakat belum mengetahui kandungannya,,,hmm

    BalasHapus
  2. saya mau bertanya, jika susu kedelai itu bisa dijadikan sebagai ganti susu formula pada balita diatas 4 bulan apakah tidak dikhawatirkan anak bayi tersebut mengalami diare, karena anak bayi sanagt sensitif?

    BalasHapus
  3. Susu Kacang Kedelai Merupakan makanan yang penuh dengan Protein Nabati, Mengandung 8 Asam Amino yang terkenal sebagai Zat yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan protein yang terdapat didalamnya 40% lebih tinggi daripada tumbuhan yang belum diproses dan makanan berdaging.untuk itu gak apa-apa dikonsumsi bayi dan sangat cocok untuk bayi yang alergi terhadap susu Sap

    BalasHapus
  4. mbk endria susu kedelai kn macam-macam harganya..kalau yang cair yang biasa di jual itu memang lebih murah daripada susu sapi, tapi kalau yang bubuk harganya lebih mahal mbak..

    BalasHapus